Thursday, March 14, 2013

KA'ABAH, BOROBUDUR, ISRA' MI'RAJ, ARAH KIBLAT DAN JEJAK KAKI BRAHMA


Bagi kita yang kebetulan muslim, kita tidak perlu bertele-tele lagi menjelaskan dan berdebat tentang hal sepele yakni, "siapa yang membangun ka’abah?, apa itu hajar aswat?, milik siapa mosaik jejak kaki di sana?", ini oleh karena kita sudah diajarkan dan mengajarkan akan hal ini secara turun-temurun tentang persona yang membangun, ka'abah dan seterusnya. Intinya(sesuai yang diajarkan para ulama), ka’abah dibangun nabi Ibrahim dan anaknya Ismael, hajar aswat adalah batu yang jatuh dari langit yang dulunya berwarna putih, lantas karena dosa-dosa manusia akhirnya berubah menjadi hitam. Tentang mosaik jejak kaki yang ada disana kita juga diajarkan dan mengajarkan bahwa itu adalah jejak kaki sang Rasululloh, titik!! Mengenai dasar klaim silahkan cari sendiri, semua ada bertebaran tercatat dalam Quran, hadist sahih dan sirah rasul...  

Masalahnya adalah bagaimana bila memang benar-benar ada yang menyanggahnya dan apa yang telah kita yakini dan diajarkan kepada kita secara turun temurun ini ternyata ada yang berani mempertayakan dengan adanya bukti-bukti arkeologis yang justru bertolak belakang dengan keyakinan kita? Sanggupkah kita sebagai muslim menerima kenyataan ini? Rata-rata dari kita bereaksi marah, sebal dan ingin menyembelih orang yang mengungkapkan hal itu...alasannya karena dianggap menghina... 

tapi benarkah demikian..? bukankah semua nabi pasti dihina dan dicaci maki bahkan dibunuh lawan-lawannya, namun hanya Muhamad dan pengikutnyalah yang bahkan mengancam dengan pedang terhunus bagi siapapun yang dianggap akan menghinanya.
Bukankah ini aneh buat kita...?


 [kuil budha borobudur, yang diklaim Lembaga Studi Islam sebagai peninggalan islam di jawa, adakah diantara anda yang merasa aneh?]

Sama halnya dengan kuil Borobudur di Jawa yang dibangun oleh penguasa Budha yang dihuni ratusan patung untuk sarana menyembah para dewa, maka, pada masanya ketika dulu dibangun, ketujuh kuil ka’abah di Makkah  yang salah satunya kini menjadi kiblat kita, awalnya juga memang dibangun untuk menyembah para dewa Hindu yang diwujudkan dalam bentuk patung-patung yang disimpan didalamnya yang jumlahnya mencapai 360 buah disamping batu Yoni sebagai lambang kesuburan umat Hindu yakni berupa batu hitam yang bentuknya mirip kelamin perempuan yang kini kita sebut hajar aswat.

Dalam peristiwa perebutan kuil ka’abah, batu Yoni pecah menjadi 7 bagian sehingga harus disatukan lagi menggunakan frame perak seperti yang kita lihat saat ini. Ka’abah yang kini menjadi kiblat kita adalah satu diantara tujuh kuil ka’abah yang dibangun umat Hindu yang ketika itu berkembang subur di tanah Arab yang kini masih tersisa dari penghancuran pengikut Rasululloh semasa nabi berkuasa di Makkah yang dulunya dibangun atas perintah Maharaja Vikramaditya dari Kekaisaran Hindu India (baca dulu artikel ; siapa yang membangun ka’abah) yang berkuasa hingga daratan Arabia pada sekitar 500 tahun sebelum nabi Muhamad lahir, yang dibangun sebagai penghormatan terhadap dewa Siva. 

Jadi, ka'abah dibangun atas perintah Maharaja Vikramaditya penakluk daratan tanah Arabia pada 500 tahun sebelum Muhamad lahir. Lantas ketika Muhamad berhasil merebutnya, maka dia mengklaim bahwa kuil ka'abah itu merupakan peninggalan nabi Ibrahim. Bagi sapa saja yang menolak klaim tersebut langsung dipenggal batang lehernya.


                   [kuil hindu ka'abah di makkah yang direbut dan di klaim muhamad sebagai peninggalan nabi Ibrahim] 

Selain patung-patung dan batu hitam yang kemudian kita sebut hajar aswat ada juga jejak kaki Brahma yang kemudian diklaim sebagai jejak kaki nabi Muhamad. Pasca perebutan kuil ka’abah, jejak kaki Brahma ini sempat diperjual belikan sebagai barang koleksi, namun akhirnya dikembalikan lagi ke tempat semula oleh pembeli terakhir.

Dijaman nabi Muhamad, klaim atas dasar bisikan/wahyu jibril merupakan hal yang biasa terjadi dan telah mengukir sukses luar biasa. Semua bisa berjalan lancar karena rasa takut akan dibunuh para pengikut nabi, karena bila tidak menurut akan diartikan menghina dan melawan sang rasul yang berarti darahnya halal untuk ditumpahkan dan hal ini banyak dan sering terjadi seperti tercatat bertebaran dalam berbagai hadist sahih. [Contoh paling sederhana adalah turunnya ayat yang membela kelakuan sang nabi ketika sang nabi kepincut kecantikan menantunya dan meminta Zaid anaknya untuk menceraikan istrinya agar semata sang nabi dapat mengawininya...]. Ayat ini turun karena begitu banyak pengikut yang mempertanyakan kelakuan sang rasul tersebut, karena itulah ia membela diri dengan ayat tersebut. Pembaca silahkan mencari ayat tersebut karena terlalu vulgar bila saya tampilkan disini karena dapat dianggap sebagai penghinaan..

                  [yoni, batu hitam mirip kelamin perempuan, lambang kesuburan umat hindu, diklaim islam sebagai batu dari surga]

Agar nuansanya berimbang, marilah sedikit menyisihkan rasa marah dan mulai mengedepankan untuk berfikir lebih logis seperti umat agama yang lain.... dan marilah simak tulisan dibawah ini :

...Pada tahun 2010 Lembaga Studi Islam bersama KH. Fahmi Basya yang adalah salah satu tokoh islam terkemuka yang juga sebagai  dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah di Jakarta, sebuah posisi yang sangat terhormat tentunya, adalah yang pertama kali mengangkat wacana tentang keberadaan kuil Borobudur sebagai warisan Nabi Sulaiman.

Bila saja sistem pemerintahan di Indon adalah sistem kekalifahan seperti di dunia Arab macem Iran, maka klaim Lembaga Studi Islam bersama KH Fahmi Basya tersebut oleh pemerintah akan langsung disetujui. Apalagi bila saat ini dia mau membawa-bawa nama Rasul maka bila dia yang ngomong siapapun akan mengiyakan saja. Tapi untunglah dunia sudah berubah dan manusia sudah mulai mau berpikir menggunakan akal sehat dan logika.

                   [jejak kaki brahma yang terdapat di kuil ka'abah, yang kemudian diklaim umat islam sebagai jejak sang rasululloh]
Hasil riset selama bertahun-tahun yang dilakukan Lembaga Studi Islam bersama KH Fahmi Basya, menyebutkan bahwa sebenarnya kuil Borobudur adalah bangunan yang dibangun oleh tentara nabi Sulaiman. Sulaiman adalah Nabi sekaligus Raja yang memiliki kemampuan menaklukkan besi dan juga menaklukkan gunung hingga kemudian dikenal sebagai Raja Gunung di Arabia. Kalau di nusantara ini, yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah “Syailendra”. Syaila = Raja dan Indra = Gunung.

Masih minturut Lembaga Studi Islam tersebut, KH. Fahmi Basya mengklaim hanya sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa di kuil Borobudur sangat banyak ditemukan simbol-simbol tentang Islam.
 Dari hasil ekspedisi dan penelitian yang dilakukan Lembaga Studi Islam tersebut, ditemukan juga fakta baru mengenai indikator-indikator tentang adanya kisah Nabi Sulaiman dan ratu Saba di Candi Borobodur dan Ratu Boko. Selain itu, nama-nama daerah tertentu di Jawa Tengah seperti nama Sleman juga diklaim berasal dari kata Sulaiman, Wonosobo berasal dari nama Hutan Ratu Saba(wana=hutan).

              [king solomon temple di yerusalem, bandingkan dengan kuil borobudur yang dibangun king syailendra di jawa dwipa]

Minturut catatan sejarah Yahudi dan Nasrani, bila yang dimaksud Lembaga Studi Islam sebagai nabi Sulaiman adalah King Solomon/Raja Solomon/Nabi Salomo yang adalah Nabi yang sekaligus Raja Yahudi dan berkuasa di tanah Israel yang tentu saja pasti bukan islam/bukan pengikut Muhamad, maka minturut catatan sejarah dalam Alkitab Perjanjian Lama, ia tercatat hidup 2000 tahun sebelum Almasih lahir, padahal minturut catatan sejarah Indon, candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu.

Namun saya sendiri dapat memaklumi klaim macem begini, karena minturut catatan sejarah memang seperti itulah iman Islam kita dibangun sejak dulu kala. Minturut saya, hal ini, bahkan klaim macem begini tergolong sangat  wajar karena nabi Muhamad sendiri tercatat telah berkali-kali melakukannya(baca artikel ; Isra’ mi’raj_untuk direnungkan kembali).

[Bayangkan saja ; Isra’ mi’raj yang tercatat terjadi tahun 621Masehi,namun ternyata, berdasar catatan sejarah, Masjidil aqsa yang telah diklaim dikunjungi sang nabi dalam peristiwa isra’ mi’raj belum berbentuk sama sekali karena baru dibangun setelah Yerusalem direbut dari penguasa Bizantium pada masa kekalifahan tahun 710 Masehi, bukankah itu dibangun setelah berselang hampir satu abad kemudian??. Bila kini banyak orang Indon yang mungkin tertawa geli, dan geleng-geleng kepala bila mendengar klaim Lembaga Studi Islam bahwa candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman, maka demikian pula halnya yang terjadi pada Bangsa Yahudi yang hidup di Yerusalem pada masa ketika sang rasul mengaku melakukan isra’ mi’raj!!

Mereka(Yahudi) pasti tertawa geli terpingkal-pingkal dan geleng-geleng kepala keheranan, karena di masa itu memang dikota Yerusalem belum ada bangunan yang disebut Masdjidil aqsa saat mana nabi Muhamad hidup dimana kota Yerusalem masih dikuasai Kekaisaran Romawi. 


Sebenarnya peristiwa inilah(klaim Isra’ mi’raj sang nabi Muhamad-lah) yang membuat bangsa Yahudi tidak mau mengakui kenabian Muhamad sehingga beliau sangat marah sampai harus menurunkan ayat yang sangat mengancam eksistensi Yahudi, bahkan ketika Yahudi tetap tidak mau memberikan pengakuan, maka kebencian sang rasul memuncak, sehingga menganggap bangsa Yahudi adalah binatang tikus, anjing dan monyet lantas untuk menyatakan kemarahannya yang memuncak, ketika nabi berhasil merebut dan menguasai 100% satu-satunya kuil hindu yang masih tersisa berupa ka’abah di Makkah maka sang Rasul menurunkan ayat untuk memindahkan arah Kiblat dari Yerusalem ke Ka’bah di Makkah Arabia].


   [king solomon, raja dan nabi yahudi yang di klaim islam sebagai nabi muslim dari tanah arab, yang juga diklaim telah membangun kuil borobudur di jawa tengah]  

Sekedar me-review ulang, kuil Borobudur merupakan kuil Budha. Berdekatan dengan kuil Pawon dan Mendut. Beberapa kilometer dari sana terdapat kuil Prambanan, Kalasan, Plaosan, dan lainnya. Kuil-kuil di dekat Prambanan ini merupakan kuil Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Lantas, benarkah kuil Borobudur merupakan peninggalan nabi Sulaiman? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu?

Selain jejak berupa kerusakan akibat ledakan bom yang ditanam terroris komando jihad muslim pada medio 80-an, Lembaga Studi Islam bersama KH Fahmi Basya menyebut beberapa ciri kuil Borobudur yang menjadi bukti sejarah peninggalan muslim yaitu ; 1) hutan atau negeri Saba, 2) makna Saba, 3) nama Sulaiman, 4) buah maja yang pahit, 5) pindahnya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, 6) bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, 7) lokasi berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Berdasarkan release Lembaga Studi Islam bersama KH Fahmi Basya, dapat penulis ringkas sbb ;

a) Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya. Tentu saja, banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman, karena Sulaiman hidup beberapa abad sebelum Almasih lahir, sedangkan Borobudur dibangun pada abad ke 8 Masehi. Namun hal ini tidak menjadi soal bila terjadi pada jaman rasululloh, karena dapat diatasi dengan ayat yang diturunkan via jibril. Contohya disaat kritis macem kisah isra’ mi’raj.

b) Peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina, dan Saba di Yaman Selatan, sedangkan Borobudur di Indonesia. Namun seperti yang saya tulis diatas, apa pedulinya dengan semua hal itu? Apalagi, Lembaga Studi Islam melalui KH Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya berdasarkan keterangan Alquran. Lalu, apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman? 

c) Melalui relief-relief yang ada, terdapat beberapa simbol yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran. Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Dawud kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tongkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.  "Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: 'Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman'." (QS Al-Baqarah [2]: 248).

d) Selanjutnya, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon. Kemudian para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah kuil Prambanan. Lantas nabi Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada.

e) Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya. Kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. "Jangankan burung, manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri"  

f) Ditambahkan juga, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang. Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata 'Wana' bermakna hutan.

g) Buah 'maja' yang pahit menjelaskan kisah banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya.  "Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr." (QS Saba [34]: 16).

h) Nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata 'su'merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan 'Su’.

i) Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. "Pergilah kamu dengan membawa suratku ini." (QS An-Naml [27]: 28).  Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di kuil Ratu Boko.

j) Bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah kuil Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. "Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman”.

Lantas, apa kira-kira apa komentar kalian semua?? 

Sejarah selalu berulang dengan caranya sendiri, bedanya bila dimasa lalu orang dengan mudah memaksakan kehendak (klaim) dengan cara kekerasan pedang, tapi kini sudah tidak bisa lagi. Walaupun begitu saya sendiri sangat setuju dan menghormati pihak Lembaga Studi Islam dan KH Fahmi Basya tersebut diatas karena memang demikianlah sejak dahulu iman Islam ditanamkan...yaitu hanya berdasarkan klaim semata, bila ada yang menolak klaim dibunuh saja.

Kalau tidak percaya ini, carilah dalam quran, hadist sahih dan sirah rasul, ada banyak kisahnya disana(mengenai ini akan dibahas dalam artikel lain). Tapi kini perbuatan macem begitu sudah tidak bisa diterapkan lagi, zaman sudah berubah dan manusia berhak berfikir menggunakan logika tanpa perlu ada rasa takut, sehingga cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan para sarjana muslim terkemuka dengan embel-embel penelitian bertahun-tahun, ini semata agar nampak lebih berbobot .

Bila di jaman nabi Muhamad berhasil mamaksa menguasai dan mengklaim kuil Hindu berupa ka’abah di Makkah dengan pedang sebagai peninggalan nabi Ibrahim, maka seharusnya muslim di Jawa dapat dengan mudah menguasai dan mengklaim kuil Budha Borobudur di Jawa sebagai peninggalan islam atau bahkan peninggalan nabi Muhamad. Tinggal caranya yang mesti dipikirkan...bukankah pemerintah dengan caranya sendiri sudah memberi jalan tengah berupa penguasaan kuil Borobudur kepada perusahaan swasta untuk mengelolanya?

Nampaknya, Lembaga Studi Islam dan Prof Basya ingin mengulangi kisah sukses nabi Muhamad dalam merebut kuil hindu berupa ka'abah di Makkah, mereka ingin mengklaim kuil Borobudur sebagai milik muslim... namun satu hal yang mereka lupakan adalah, bahwa zaman sekarang orang sudah begitu sulit dibodohin dan dikibulin serta akan melawan bila diancam dengan pedang terhunus... 

Namun, bila saja petualangan mereka sukses, akankah kuil Borobudur akan dapat menggantikan kuil ka’abah di Makkah sebagai arah kiblat yang baru? Wallahualam bissawabb....

[artikel ini bukan dimaksudkan sebagai olok-olok, namun untuk menyadarkan umat akan kebenaran hakiki dan berfikir logis. Komentar sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Semua komentar dengan bahasa caci maki dan tidak sopan akan dihapus, terimakasih]

103 comments:

  1. kalim yg lucu dan bodoh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud anda "klaim" yg bodoh..?
      sasa setujuh..!!

      Delete
  2. muslim memang ngawur walaupun sudah bergelar doktor,

    sudah jelas kalo King Solomon atau Nabi Salomo yg oleh muslim disebut nabi Sulaiman adalah Nabi sekaligus juga Raja Besar Bangsa Yahudi yg hidup dan berkuasa berabad-abad Sebelum Yesus lahir, sedangkan Borobudur dibangun abad 9 yaitu setelah Yesus lahir...

    bener-bener Sebuah lembaga studi yg dipimpin oleh Doktor yang blo'on...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawaban anda membuat saya lebih tidak yakin kalau yesus Tuhan, bagaimana ada umat lahir duluan baru Tuhan yang lahir.
      darimana logikanya anak dulu baru ibu.
      anda cuma fanatik tapi tidak pakai logika
      anda cermati dan renungkan dari komentar anda di atas.

      Delete
    2. king solomon adalah raja bani israel,dan yahudi pula muncul selepas akhir solomon atau nabi sulaiman dan yahudi itu ugama dan bkn mewakili bangsa.. menyatakan nabi sulaiman itu raja besar yahudi menunjukan anda itu org tak berpengetahuan.. yahudi bknlah bangsa,ia adalah ugama dari golongan bangsa israel,seperti mana yesus atau nabi isa juga berbangsa israel dan selapas akhir nabi isa muculnya ugama nasroni atau kristean..

      Delete
  3. Coba deh kalian cari arti relief D borobudur, pasti gak ada kaitannya sama sekali sama nabi sulaiman....

    Ya... Inilah kehidupan, tak akan ada habisnya, bila seseorang selalu mencari...

    Tapi... Agama Buddha suatu saat pasti akan kembali.... :D

    I'm belive to buddhist.....

    ReplyDelete
  4. diingatkan kembali agar berkomentar yg sopan, atau langsung dihapus...

    ReplyDelete
  5. iman yang buta akan bikin semakin keblinger...
    istilahnya, opini doktor dari jakarta tersebut hanya atas dasar asumsi "othak-athik gathuk"
    kasihan dia...

    ReplyDelete
  6. *Koreksi :

    1. Kabah telah ada jauh sebelum kaum non-muslim menjadikannya sebagai tempat penyembahan patung2. Usianya telah diteliti dengan isotop karbon.

    2. Jejak yang ada di batu dekat kabah tidak pernah di klaim Islam sebagai jejak Rasul, tetapi adalah jejak nabi Ibrahim. Admin salah info.

    3. Masjid Al-Aqsa telah berdiri saat seorang saksi dari kaum non-muslim datang pada tahun 679-82. Pernah hancur rata dengan tanah kemudian dibangun ulang dari awal jauh setelahnya. Bahkan para ahli yang non muslim sekalipun mengklaim bahwa bagian pondasi awal berusia jauh sebelum masehi. Rasul isra miraj pada tahun 620-621. Tidak ada yang salah.

    Sumber : Wikipedia

    Dari hamba Allah subhana wa ta'ala yang kurang mengapresiasi klaim borobudur dan hubungannya dengan nabi Sulaiman. Dalam hal itu saya mengakui setuju dengan admin karena klaim itu tidak ada bukti kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn terburu-buru ;

      berdasar catatan sejarah ;
      masjidil al-aqsa dibangun oleh seorang kalifah penerus Muhamad, persis diatas bekas reruntuhan "Kuil King Solomon", shg pondasi yg anda maksud dites karbon adalah pondasi bekas "Kuil King Solomon", shg masuk akal kalau usianya lebih tua, karena bukan pondasi asli masjidil aqsa yg dibangun setelah Yerusalem ditaklukkan penguasa muslim itupun jauh setelah muhamad meninggal.

      bagaimana mungkin muhamad dapat menyebut nama "masjidil aqsa" bila ketika zaman muhamad kota Yerusalem sedang dikuasai Kekaisaran Romawi ? Sedangkan pd masa tersebut "Kuil King Solomon " sdh rata dg tanah oleh serdadu Romawi hingga tinggal pondasi saja. Diatas pondasi itulah kelak dibangun "Dome of Rock" alias masjidil al aqsa oleh kalifah penerus muhamad...

      melihat sesuatu dg akal sehat akan banyak menolong kita untuk memahaminya, ingatlah bahwa catatan urutan kejadian sejarah sangat penting...
      mungkin admin menggunakan pilihan bahasa yg terlalu vulgar saja, tapi bagaimanapun saya lebih setuju pd admin, karena kadang iman yg membabi buta justru membuat sebuah kesimpulan yg amat sangat ngawur...
      bayangin aja, seorang professor matematika terpaksa menutup mata terhadap angka tahun dg selisih hitungan "berabad-abad" karena kekaguman atas sesuatu...

      bayangin aja, peninggalan Raja Syailendra di Jawa abad IX dibilang peninggalan King Solomon yang adalah Raja Yahudi yg hidup ribuan tahun sebelumnya....
      sadarlah...gunakan akal sehat anda....

      bila tapak kaki yg anda maksud adalah tapak kaki Nabi Ibrahim juga salah besar, persis kesimpulan professor matematika dari Jakarta diatas, karena Nabi Ibrahim tdk pernah menginjakkan kaki di tanah arab, apalagi bikin tapak kaki segala... makam Nabi Ibrahim/Abraham(Yahudi) ada di Makhpela,Hebron, bukan di Makkah...
      barangkali saja mungkin memang ada nama Nabi Ibrahim lain yg memang lahir dan besar di tanah Arab yg kisahnya mirip Nabi Abraham(Yahudi)...


      Delete
  7. Sebagai muslim, sy tentu tdk terima dg tulisan anda ini, sy langsung verifikasi kutipan anda, namun sy benar-benar kaget karena saya memang menemukan kutipan anda dalam buku hadist yg anda sebutkan dlm artikel ini...
    Saya juga tdk tahu kenapa ada hadist yg seperti itu...kini saya sedang bimbang dan ragu dan kini malah justru semakin sering mengikuti artikel anda serta memverifikasinya.
    Hingga saat ini, saya belum menemukan adanya rekayasa/salah kutip dari anda...
    ...jujur, saat ini sy semakin rajin membaca Kitab Nabi-Nabi Terdahulu yg memang diprintahkan untuk diimani oleh agama saya, yakni Taurat dan Kitab para Nabi lain serta Injil. Kini saya mulai terbiasa dan banyak bertanya kepada temen Kristen saya, dan dapat dibilang saya sedang menuju murtad... Yang tidak sy mengerti adalah ; mengapa para ustadz, guru ngaji dan para kyai tidak pernah menyinggung hal-hal yg seperti ada dlm artikel di web ini yg ternyata memang ada dan tdk dpt disangkal lagi...
    Pertanyaan saya : Apakah hal-hal ini yg dimaksud sbg Rahasia Agama Islam, shg bila ada pengikutnya yg "murtad" harus dibunuh karena takut rahasianya terbongkar..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalammualaikum wr.wb
      Anda sedang menuju kesesatan...syahadatlah kembali sebelum anda mati sia2 sebagai non muslim.
      Apakah anda pernah mengaji/membaca al quran?apakah sudah sampai tamat?apakah sudah dipelajari?
      Bila anda bicara"mengapa kyai,ustadz dll tidak pernah menyinggung ini?" silahkan anda tanya sendiri ke yg bersangkutan.Al-quran telah menjelaskan secara detai tentang dunia ini mulai dari awal terbentuknya(*istilah big bang didasari oleh ayat al-quran yg tidak akan terpikirkan manusia jika tidak membacanya) hingga akhir hayatnya nanti.
      Jika anda membaca artikel ini lalu tidak percaya dengan kebenaran islam,lalu bagaimana jutaan bukti lainnya yg terbukti memang al-quran itu benar?(bacalah al quran dan cari sendiri kebenarannya!)
      "RAHASIA"? Rahasia apa?apa yg dirahsiakan?semuanya sudah terbukti brother.

      Delete
  8. nampaknya diskusinya semakin sehat,
    terimakasih dan mari lanjutkan utk menemukan kebenaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. raja vikramadtya hidup dari tahun brapa ya?

      Delete
  9. kalau tidak salah baca, dlm Alquran disebutkan ;

    budak Hagar dan Ismael diusir ketika masih dalam gendongan tanpa diantar/ditemani Nabi Ibrahim, artinya masih bayi yg kemudian melahirkan kisah air zam-zam yg memancar dari tendangan kakinya ketika menangis.

    namun, bagaimana bisa tiba-tiba dikisahkan Ismael membersihkan/membangun Ka'bah bila antara Ibrahim dan Hagar tidak pernah rujuk kembali?

    Bukankah Nabi Sulaiman itu Nabi dan Raja Yahudi yang menyembah Yehova shg pasti bukan muslim!! dan bukankah Nabi Sulaiman hidup ribuan tahun sebelum Masehi, namun Borobudur di Jawa baru dibangun 9000 tahun setelah Masehi oleh Maharaja Syailendra!! Bagaimana cara para sarjaa muslim menghubungkan hal ini?

    Sungguh, cara para sarjana muslim sangat berbeda dalam melakukan penelitian dan pengkajian sejarah untuk mendukung iman mereka...

    mungkin bahasa terkini bisa disebut "ngawur"...

    ReplyDelete
  10. cek dulu dong apa bener borobudur dibangun jauh setelah nabi sulaiman lahir,..jangan2 para peneliti menyembunyikan kenyataan ternyata isotop karbon candi borobudur itu sejaman dengan nabi sulaimana....so it will prove all....jangan terlalu percaya dulu dong kata para peneliti bisa aja mereka salah, kan mereka juga manusia hahahha ....bisa aja pada era selanjutnya di jaman laen di adakan rekonstruksi dllll.... aku sih feelingnya candi borobudur dibangun sejaman dengan jamannya nabi sulaiman....

    ReplyDelete
  11. lagian jaman dulu kan manusianya sakti2 konon nabi sulaiman juga kan bisa pergi dengan angin...ya gampang lah mau bangun candi di jawa abis itu pergi ke thailand bangun lagi trus ke arab,...ke mana aja dia mau bantu ya... makanya peninggalannnya di mana saja.....

    ReplyDelete
  12. ha ha ha ha....
    sebuah jawaban yg "khas" muslim!! karena begitu ngawur.....
    mohon cek ini ; hanya Hindu yg memiliki peninggalan fisik berbentuk "Lingga" dan "Yoni" yg mewakili lambang kelamin pria dan wanita, yg kini ditemukan bertebaran dimana-mana.... Menara Monas(jakarta), candi sukuh, dan semua candi di hampir seluruh dunia menggambarkan itu, termasuk batu hitam(hajar aswad) yg adalah sebuah "Yoni"/lambang Vagina yg ditemukan di kuil kaabah di Mekkah, peninggalan Hindu jauh sebelum Muhamad lahir...yg kemudian diklaim MUhamad sbg peninggalan nabi Adam(Yahudi)...

    ReplyDelete
  13. identitas penulis , mengaku muslim tapi menghina nabi, tidak konsisten tipu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mmg pernah jadi muslim yg kemudian sadar akan absurditas iman sy, shg sy sekeluarga menjadi murtadin!!! walaupun begitu, di KTP sy masih tertulis sbg MUSLIM karena pihak kelurahan tdk mau terima perubahan iman sy, tapi sy tdk apa-apa. saya tdk menghina siapapun, yg sy lakukan adalah mengungkap kebenaran sejati, bukan iman yg ngawur... apa yg sy tulis selalu berdasar bukti-bukti yg justru dicatat oleh buku-buku suci muslim macem hadist sahih dan al-Quran... namun demikian, sy tetap memaklumi anda karena sy dulu juga bersikap demikian ketika pertamakali sy di sodorkan artikel macem begini...

      saya tetap konsisten, saya urus kepindahan agama sy di kelurahan, namun pihak kelurahan tetap tdk mau mengubahnya!! apakah hal ini yg anda sebut tdk konsisten?? siapa yg tdk konsisten??

      saya juga tdk sdg menipu siapapun, sy menulis berdasar hadist sahih dan al-quran anda sendiri. walaupun demikian, mengapa muslim marah dan tdk terima ketika sy menulis bhw Muhamad memerintahka umatnya bercebok dg tiga buah kerikil??? bukankah itu ditulis di dlm hadist sahih?

      saya ingin anda sedikit saja merenungkan hal ini ;

      bila mmg islam itu rahmatan lil-alamin(pelindung/rahmat bagi semua), mengapa para murtadin diancam dibunuh dlm quran dan hadist sahih?? seperti yg terjadi di Jepara Jateng tempo hari?? bahkan ada bom meledak tiap hari di seluruh dunia yg ditujukan buat kafir!!

      silahkan renungkan itu...

      Delete
  14. sejak awal perkembangan islam ,sudah banyak ilmuwan yg mempelajari sejara islam baik yg menentang maupun yg meyakini. kebenaran pasti menang, nyatanya islam berkembang dg pesat. jangan merasa pintar sendiri. ilmumu hanya modal copi paste !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. argumen anda sungguh konyol, karena bila anda menggunakan argumen tsb, berarti ada juga mesti dpt terima bhw kejahatan korupsi di Indon(mayoritas muslim) begitu teramat pesat!!! saking pesatnya bahkan al-Quran juga dikorupsi yg kini penjahatnya sdh masuk bui !!!

      oleh karena itu argumen anda tdk bisa diterima!! dan saya pun TDK AKAN PERNAH menggunakan argumen semacam itu karena itu hal yg ngawur...

      gunakan sedikit saja akal sehat anda, luangkan waktu dan renungkan hal ini :

      bila islam memang rahmatan lil-alamin(pelindung/rahmat bagi semua), mengapa murtadin diuber-uber bahkan dibunuh dg keji macem di Jepara tempo hari? atau dapatkah anda melihat bom meledak dimana-mana yg ditujukan buat kafir??.

      belum cukupkah hal-hal diatas membuka mata hati anda untuk memikirkan ulang akan iman anda...??

      Delete
    2. Hmm.. saya juga muslim. Tp saya tidak menyalahkan ko.entar anda tentang kejadian di jepara. Anyway. Salah besar jika merepresentasikan agama dari pemeluknya. Apalagi di tempat .mayoritas macam indo. Ummat kristiani pun di negara lain ada yg seperti itu.. terus jika menterjemahkan quran anda tidak bisa ayat perayat. Karena semua ada penyebabnya kenapa ayat tersebut diturunkan. jika anda dulu pernah muslim dan anda membaca alquran dengan seksama anda pasti juga mengerti bahwa keadilan di dunia menurut islam tidak memandang baik itu islam atau nonmuslim. Salahnya adalah.. orang muslim sekarang banyak yg tidam mengerti akan hal itu. Demi Allah saya tidak mempermasalahkan anda dan keyakinan anda. Karena di kepercayaan saya, saya tidak dipermenankan mencampuri kepercayaan krang lain. Apalagi agama. Jelas ko ayatnya. Jika menurut anda islam seburuk seperti yang anda fikirkan. Cobalah berdiskusi dengan mualaf2 yg pernah menjadi pendeta gereja :-). Mungkin dari situ anda bisa tau kenapa mereka memilih islam.. tanpa mempengaruhi keyakinan anda tentang avama anda sekarang. Kalo anda lihat dari orang islam ktp yg islamnya tau dari orang tuanya tp gak belajar2 sejarah ya wassalam. Wong saya sendiri suka geleng2 kepala lihatnya.. jaman semarang moa glogle aja bisa jadi ustad ko.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  15. @ Arif Nurhidayat,
    cobalah bersabar barang sedikit saja ; Kitab Suci manapun di dunia, tidak ada yang mencatatkan atau memerintahkan pembunuhan bagi umat lain atau umat yg berganti agama. Hanya kitab Suci al-quran yg nyata-nyata dan jelas menuliskanya, itu yg membuat saya kecewa dan berfikir ulang akan iman saya dahulu. "...bunuhlah dst..", kalimat macem begini banyak ditemukan dalam alquran juga diperkuat hadist sahih. Bahkan Kitab Suci Veda milik Buddha memiliki kalimat yg sungguh 'luar biasa' yaitu "..semoga semua makhluk berbahagia". Dalam Injil ditemukan kalimat "..kasihilah sesamamu manusia dst..." atau "..berikan juga pipi kirimu bila ditampar pipi kananmu...". Dapatkah anda menemukan kalimat macem diatas dalam alquran anda?? Yang saya temukan adalah " islam rahmatan lil-alamin" namun mereka yg kafir tetap diancam dibunuh, sudah saatnya anda merenungkan itu semua...

    Dalam aqidah kristiani, orang boleh dg bebas berganti iman kapanpun tanpa perlu takut dibunuh, karena menjadi kristiani adalah sebuah Panggilan, jadi ketika berganti iman misalnya menjadi mualaf, semua itu bukan persoalan bagi umat kristiani yg lain!! artinya dia sdh tdk mendengarkan panggilan tersebut. Itu tanggung jawab pribadi, orang lain tdk bisa ikut campur tangan.
    Tanggung jawab umat kristiani termasuk saya adalah mengabarkan "kabar baik/Injil" dan kebenaran. Perkara seseorang merasa terpanggil setelah mengetahuinya atau tdk, itu bukan urusan umat kristiani termasuk saya...
    sehingga apabila ada pendeta yg menjadi mualaf bahkan menjadi kyai atau ustadz, hal itu bukanlah persoalan bagi umat kristiani termasuk saya...karena semua itu sdh dinubuatkan oleh Almasih Isa bahwa semua penyesatan oleh antikris itu mesti terjadi....

    ReplyDelete
  16. ...sepertinya muslim mesti menjawab dan memberikan penjelasan dari semua artikel yg ditulis oleh admin sang timur secara cerdas, bukan malah mengancam atau menyumpahinnya masuk neraka....karena yg sudah dipastikan dan diputuskan oleh Tuhan untuk dan akan masuk neraka jahanam adalah para muslim pengikut Muhamad (silakan membaca ketentuan akan hal ini di QS 19 ; 68-71).

    ReplyDelete
  17. Admin Harus Nonton ini
    http://www.youtube.com/watch?v=XeMidnKHY6g

    ReplyDelete
  18. Lucu juga ADMIN yg menggunakan kata 'KITA' yg seakan akan menyebutkan bahwa dia jg se0rang MUSLIM. . . .tp sebenarnya hanyalah seorang yang ingin merusak islam . . .itu lah tipu daya kafir jaman skarang. . .
    0ke lah. . , saya ingin sharring sedikit. .
    *Tentang ka'bah itu sudah dibangun jauh sebelum nabi Ibrahim,Beliau hanya meneruskan dan menyelesaikan pembangunan.
    *tentang perkataan nabi Muhammad soal "Bunuh",,admin membuat persepsi yg tidak sesuai fakta yg ada pada saat itu . . .kya'a admin sudah terkena Doktrin Pendetanya kali. . Hehee
    *tentang borobudur saat ini masih bnyak penelitian yg dilakukan. .dan info yg sy dpt akhir" ini. . Bahwa bangunan candi telah dibuat sebelum abad ke -6 seperti kata ilmuwan terdahulu, tetapi jauh sebelum itu. . . Hal ini diketahui setelah melakukan tes isotop tetapi tidak terdeteksi, sehingga peneliti beranggapan bahwa bangunan dibangun sebelum abad ke-6. .

    Untuk ADMIN'a mungkin berani menambahkan. ,hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. islam sdh rusak sedari awalnya ; menghalalkan berbagai macam pembunuhan dan perampokan bahkan penjarahan justru dianggap sbg wahyu khusus!!

      semakin anda mempelajari islam semakin anda akan bingung, dan ketika kepada anda dikemukakan berbagai ketidakberesan islam maka anda malah akan berbalik menghujat dan menuduh bhw pernyataan tsb sbg "merusak islam".

      pernyataan anda bhw ka'bah telah ada jauh sebelum muhamad, sy setuju dg anda kerana mmg dibangun Maharaja Vikramaditya sang penakluk dari kekaisaran India sekitar 500 tahun sebelum muhamad lahir. Bukti fisik dan catatan sejarah mengenai hal ini saya temukan dlm salah satu artikel di blog ini.

      Dapatkah anda dan muslim lain mengemukakan bukti sahih diluar quran karya zaid dkk..?
      salam hangat buat admin...

      Delete
    2. Khusus admin... Saya tantang anda debat terbuka bukan di sini.... Tapi depan publik.... Biar lebih enak pemaparannya....

      Delete
  19. Sedikit memberi arahan dan penjelasan : Itulah orang indonesia... sampai2 saya keheranan sendiri.... sudah dibantu tapi maunya macam2....harusnya berterimakasih kepada Rafless warisan budaya itu di pugar sampai sekarang ini. dokumen foto aja masih dipermasalahkan.. coba berpikir rasional???? sekarang sudah jaman modern & pluralism!!!! jangan hanya karena egois pada agama masing2 sehingga asal KLAIM sana sini... Pada belajar SEJARAH apa ga ya??? negara kita dulu itu pernah penjadi negara maritim yg maju & terkenal di asia terutama saat kerajaan sriwijaya-majapahit, krn sering terjadi pertukaran pelajar/bhiksu dari india, china dsb...Jangan anggap orang dulu/kuno itu primitif ya, justru sangat cerdas pemikirannya. Berbagai sumber sejarah juga sudah cukup jelas.... Coba kalian lihat lokasi sekitar atau satu pulau jawa & sumatera sekalipun,,, banyak ditemukan candi bercorak hindhu- buddha!!! SUDAH JELAS2 DI BOROBUDUR ADA RELIEF, BANGUNAN STUPA & ARCA BUDDHA yang mana ada relief yang sama ditemukan di candi2 sekitarnya... Perlu anda ketahui bahwa Stupa adalah tempat untuk menyimpan abu/relik orang suci. Arca budha untuk simbol sang guru buddha. Saya sebagai buddhism dan matematikawan juga ingin menanggagapi anggapan FB atas klaim borobudur peninggalan sulaiman. Sebagai ahli + dosen matematika seharusnya tahu kapan matematika itu ada??? Dari 1000 th SM juga sudah ada matematika, dan orang yang menemukannnya tentunya lebih pintar dong dari apa yg kita pelajari sekarang. Seharusnya jangan heran kalau orang dulu mampu membuat perhitungan yang luar biasa akurat dan tepat.... Jadi janganlah meragukan kehebatan orang2 nusantara dulu..... Kalu memang bukan buatan manusia, coba anda sekalian tunjukkan ciri-ciri benda buatan mahkluk gaib itu seperti apa....DAN COBA RENUNGKAN : " JIKA ADA ORANG DARI SUKU PEDALAMAN YG TIDAK PERNAH KE KOTA LALU PERGI KE JAKARTA MISALNYA, LALU KEHERANAN MELIHAT GEDUNG-GEDUNG TINGGI, MALL, DAN BANGUNAN MODERN LAINNYA, APAKAH ORANG ITU AKAN BERKATA BAHWA BANGUNAN2 ITU ADALAH BUATAN MAHKLUK GAIB SEPERTI AGAMA YG DIANUTNYA???? &&&Thanks. May All Being Be Happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ...saya teramat setuju dengan anda...artikel saya diatas adalah dalam rangka "menyadarkan" muslim bhw model "klaim" yg biasa di lakukan nabi mereka sdh tdk bisa diterapkan sejak dulu hingga sekarang, karena bahkan Ka'abah yg menjadi "pusat" ritual muslim ternyata dibuat oleh Umat Hindu atas perintah Maharaja Vikramaditya dari Kekaisaran India sewaktu tanah Arab dikuasainya sekitar 500 tahu sebelum Muhamad lahir!!!

      Selamat berkarya, semoga semua makhluk berbahagia...

      Delete
    2. menurut saya,,,,

      sebaiknya semua pemeluk agama janganlah saling menjelakkan ajaran agama lain, seperti yang muhammad ajarkan, sesungguhnya dia hanya di utus untuk menyempurnakan ahlak ,

      muhammad mengajarkan pada umatnya semua agama adalah benar dan yg paling benar adalah islam (menurut umat islam tentunya,,, dan masuk akal karena agama paling terahir dan paling detail, tidak ada ajaran agama lain sebelumnya yg bisa menyangkal kebenaran ajaran tauhid yg di ajarkan di dalamnya), yg menyangkal berarti belum benar benar paham islam, muhammad mengajarkan tidaklah di sebut iman jika tidak meyakini 5 hal ini, umat islam wajib percaya/ iman kepada Allah 1, Malaikat 10, Rosul 25, Hari Ahir / Qiyamat, Qodo dan Qodar ( Mengimani kejadian yang baik maupun yang buruk, semua itu berasal dari Allah Ta’ala. Karena seluruh makhluk tanpa terkecuali, zat dan sifat mereka begitupula perbuatan mereka adalah ciptaan Allah)

      islam agama yg menyempurnakan agama sebelumnya, inspirasi muhammad adalah para nabi terdahulu (24rosul) sebelum muhammad, ajaran ajaran nabi sebelumnya semua ada dalam alqur'an;

      adam 6000 sm, idris, nuh 4000sm, hud,saleh, ibrahim 2000sm, luth, ismail, ishaq, yaqub, yusuf, ayyub, suaib, musa 1500sm, harun, dzulkifli, dawud, sulaiman 900sm, ilyas, ilyasa, yunus, zakariya, yahya, isa1m, muhammad 500m, maaf jika tidak lengkap dan detail tahunnya itulah urutanya menurut islam, bahkan ibrahim dan isa sudah mengetahui akan adanya nabi terahir muhammad saw,

      semua agama membawa kebenaran dan bimbingan hidup untuk umatnya agar lebih baik,

      tidak dengan cara saling menjelekkan dan menghujat ajaran / syariat agama lain, muhammad mengajarkan umatnya agar berlomba dalam kebaikan, artinya dengan melulu menjatuhkan yg lain bukanlah cara yg benar untuk menjadi lbh baik,

      saya lihat admin sangat buta tentang ajaran islam hanya membaca / mendengar sekilas dg ketidak tahuan dan ke bencian,

      agama di dunia ini menurut saya adalah agama tauhid, semua mengajarkan bahwa tuhan itu 1/ esa, dan semua agama di indonesia tercinta ini sepaham bahwa tuhan itu esa atau 1, jika sejak atlantis 10.0000 sm lebih sampai sekarang banyak macam agama itu masuk akal dan baik, artinya semua umat manusia setuju dg kebenaran dan sejutu bahwa yg maha benar adalah tuhan yg maha esa,

      baru baru ini Dr.Santos menyadarkan membuat arah baru dalam pemahaman atlantis yg sebenarnya adalah nusantara, itupun boleh jadi kajian kita bahwa kita umat manusia keturunan yg sama yg kemudian tersebar ke seluruh belahan bumi

      Delete
    3. umat nasrani dan islam tidak setuju kalau nenek moyang kita adalah kera yg hanya punya otak sekitar 600cc itu dan banyak kesamaan ajaran dan sejarah agama terutama agama samawi (islam dan nasrani) jika muhammad tidak mengajarkan untuk menjelek jelekkan agama lain, kenapa ADMIN begitu sentimenya dg muhammad, muhammad itu bukan hanya nabi dan rosul tapi juga raja / kaisar yg mashur pada jamanya, jadi harap maklum bila identik dg pedang, tp beliau memerintah dg baik, adil dan amanah dan tidak diktator, sehingga tidak seorang musuhpun menyangkal kebenaranya, umat yahudi dan nasrani di lindungi dalam kekuasanya bahkah ada istilah lakum dinikum waliya diiin, agamaku agamaku dan agamamu agamamu yg sampai sekarang di imani oleh seluruh pemimpin agama dan jagad ini, jika ada umat beragama yg melenceng dari ajaran muhammad itu sama halnya dg umat agama lain yg melenceng juga,

      semoga kelak kerukunan antar umat beragama akan bertambah semakin harmonis tentunya dg berkurangnya umat yg mengaku beragama tapi tidak mencerminkan prilaku umat beragama


      sekarang banyak org beragama tp prilaku dan nafsu duniawinya jauh dari kata beragama, banyak hasat hasat - korupsi - teror dll itu bukti dr nilai agama yg makin pudar,

      saya yakin jika umat islam 100% mengikuti ajaran islam dan tuntunan nabi muhammat dunia akan seperti surga

      saya yakin jika umat nabi isa / yesus mengamalkan semua ajaran isa almasih dunia akan terasa di surga

      saya yakin jika umat ibrahim/abraham/brahma hindu - budha - yahudi dll semua mengikuti ajaran dan nilai nilai kebenaran yg di tutur tinularkan oleh para pendahulu kita

      jagad ini akan berubah menjadi surga, tidak ada permusuhan, tidak ada kemunafikan, tidak ada kepicikan saling serang adu ilmu saling mengklim paling benar

      ing ngarso sung tulodo ing madyo mangun karso tutwuri handayani guyub rukun gemah ripah lohji nawi BALDATUN TOYYIBATUN WAROBBUN GHOFUUUR

      Atlantis itu akan muncuk kembali

      salam damai dalam pencerahan saudara saudaraku

      Delete
  20. ...saya teramat setuju dengan anda...artikel saya diatas adalah dalam rangka "menyadarkan" muslim bhw model "klaim" yg biasa di lakukan nabi mereka sdh tdk bisa diterapkan sejak dulu hingga sekarang, karena bahkan Ka'abah yg menjadi "pusat" ritual muslim ternyata dibuat oleh Umat Hindu atas perintah Maharaja Vikramaditya dari Kekaisaran India sewaktu tanah Arab dikuasainya sekitar 500 tahu sebelum Muhamad lahir!!!

    Selamat berkarya, semoga semua makhluk berbahagia...

    ReplyDelete
  21. Stlah baca" berbagai artikel . . Raja Vikramaditya berjaya pada era Nabi Isa as. . .itu malah jauh dgan masa Nabi Ibrahim as. . .
    Untuk klaim b0robudur. .itu adalah lewat sebuah penelitian pada jaman ini,atau mungkin akan terbukti kebenarannya swtu saat nanti.
    Wallahu alam

    ReplyDelete
  22. lA'nATULLOH aLAYKA Y mURTADIN!!!!!
    nA'UDZUBILLAH SUMMA nAUDZUBILLAH....

    ReplyDelete
  23. Bolehkah saya ikut berkomentar..?

    ReplyDelete
  24. Yaudah kalo begitu, makasih ya..

    ReplyDelete
  25. ...pikir punya pikir, wong muslim yg bergelar proffesor matematika saja ngawur kayak gitu bahkan menggunakan ilmu "utak-atik-gathuk" macem paranormal, gimana dg nasib jutaan muslim yg biasa saja...??

    ReplyDelete
  26. jujur setelah baca artikel ini aku langsung ngeri melihat nasib jutaan muslim...

    ReplyDelete
  27. Hanya agama islam yg banyak jadi penelitian,akhirnya banyak ilmuan yang menjadi muslim. Orang ini bicara bukan dari hasil penelitian,tp dari "kata orang" dan leluhurnya yg sesat.Islam Realistis,bahkan Ekonominyapun sekarang di pake di Negri2 bukan Islam.Saya tetap yakin ISLAM ITU AGAMA YANG BENAR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://bagusbenar.com

      http://www.cewekcantik.org

      http://www.myselebritis.com

      http://idweek.blogspot.com

      http://www.kuasa-illahi.web.id

      http://indo-bioskop.blogspot.com

      http://www.supranaturaljokowi.com

      http://sejarahduniawayang.blogspot.com

      .
      ..
      ...
      bagusbenar cewek cantik selebritis id week berita kuasa illahi indo bioskop supranatural sejarah dunia wayang santri


      Delete
  28. SUDAH BERAPA KALI DEBAT ISLAM DAN NASRANI, TETAP SAJA ISLAM YANG BENAR.KALAU ANDA BERANI AYO KITA DEBAT TERBUKA DENGAN DISAKSIKAN SEMUA ORANG DI DUNIA.SIAPA YANG BENAR

    ReplyDelete
  29. wkwkwkwk...
    liat adu argumennya keren2..
    sekarang gini aja semua agama/ajaran didunia ini sama,sama2 mnyembah,mengagungkan TUHAN/DEWA,sama2 mengajarkan kebaikan,jadi buat apa saling menghina ajaran/agama yang lain,toh jg gak akan ngefek buat orang yg diklam dan yang mngeklaim...
    biarlah agama mereka jdi agama mereka dana agama kita jadi agama kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kawan :)

      menurut saya,,,,

      sebaiknya semua pemeluk agama janganlah saling menjelakkan ajaran agama lain, seperti yang muhammad ajarkan, sesungguhnya dia hanya di utus untuk menyempurnakan ahlak ,

      muhammad mengajarkan pada umatnya semua agama adalah benar dan yg paling benar adalah islam (menurut umat islam tentunya,,, dan masuk akal karena agama paling terahir dan paling detail, tidak ada ajaran agama lain sebelumnya yg bisa menyangkal kebenaran ajaran tauhid yg di ajarkan di dalamnya), yg menyangkal berarti belum benar benar paham islam, muhammad mengajarkan tidaklah di sebut iman jika tidak meyakini 5 hal ini, umat islam wajib percaya/ iman kepada Allah 1, Malaikat 10, Rosul 25, Hari Ahir / Qiyamat, Qodo dan Qodar ( Mengimani kejadian yang baik maupun yang buruk, semua itu berasal dari Allah Ta’ala. Karena seluruh makhluk tanpa terkecuali, zat dan sifat mereka begitupula perbuatan mereka adalah ciptaan Allah)

      islam agama yg menyempurnakan agama sebelumnya, inspirasi muhammad adalah para nabi terdahulu (24rosul) sebelum muhammad, ajaran ajaran nabi sebelumnya semua ada dalam alqur'an;

      adam 6000 sm, idris, nuh 4000sm, hud,saleh, ibrahim 2000sm, luth, ismail, ishaq, yaqub, yusuf, ayyub, suaib, musa 1500sm, harun, dzulkifli, dawud, sulaiman 900sm, ilyas, ilyasa, yunus, zakariya, yahya, isa1m, muhammad 500m, maaf jika tidak lengkap dan detail tahunnya itulah urutanya menurut islam, bahkan ibrahim dan isa sudah mengetahui akan adanya nabi terahir muhammad saw,

      semua agama membawa kebenaran dan bimbingan hidup untuk umatnya agar lebih baik,

      tidak dengan cara saling menjelekkan dan menghujat ajaran / syariat agama lain, muhammad mengajarkan umatnya agar berlomba dalam kebaikan, artinya dengan melulu menjatuhkan yg lain bukanlah cara yg benar untuk menjadi lbh baik,

      saya lihat admin sangat buta tentang ajaran islam hanya membaca / mendengar sekilas dg ketidak tahuan dan ke bencian,

      agama di dunia ini menurut saya adalah agama tauhid, semua mengajarkan bahwa tuhan itu 1/ esa, dan semua agama di indonesia tercinta ini sepaham bahwa tuhan itu esa atau 1, jika sejak atlantis 10.0000 sm lebih sampai sekarang banyak macam agama itu masuk akal dan baik, artinya semua umat manusia setuju dg kebenaran dan sejutu bahwa yg maha benar adalah tuhan yg maha esa,

      baru baru ini Dr.Santos menyadarkan membuat arah baru dalam pemahaman atlantis yg sebenarnya adalah nusantara, itupun boleh jadi kajian kita bahwa kita umat manusia keturunan yg sama yg kemudian tersebar ke seluruh belahan bumi

      Delete
    2. umat nasrani dan islam tidak setuju kalau nenek moyang kita adalah kera yg hanya punya otak sekitar 600cc itu dan banyak kesamaan ajaran dan sejarah agama terutama agama samawi (islam dan nasrani) jika muhammad tidak mengajarkan untuk menjelek jelekkan agama lain, kenapa ADMIN begitu sentimenya dg muhammad, muhammad itu bukan hanya nabi dan rosul tapi juga raja / kaisar yg mashur pada jamanya, jadi harap maklum bila identik dg pedang, tp beliau memerintah dg baik, adil dan amanah dan tidak diktator, sehingga tidak seorang musuhpun menyangkal kebenaranya, umat yahudi dan nasrani di lindungi dalam kekuasanya bahkah ada istilah lakum dinikum waliya diiin, agamaku agamaku dan agamamu agamamu yg sampai sekarang di imani oleh seluruh pemimpin agama dan jagad ini, jika ada umat beragama yg melenceng dari ajaran muhammad itu sama halnya dg umat agama lain yg melenceng juga,

      semoga kelak kerukunan antar umat beragama akan bertambah semakin harmonis tentunya dg berkurangnya umat yg mengaku beragama tapi tidak mencerminkan prilaku umat beragama


      sekarang banyak org beragama tp prilaku dan nafsu duniawinya jauh dari kata beragama, banyak hasat hasat - korupsi - teror dll itu bukti dr nilai agama yg makin pudar,

      saya yakin jika umat islam 100% mengikuti ajaran islam dan tuntunan nabi muhammat dunia akan seperti surga

      saya yakin jika umat nabi isa / yesus mengamalkan semua ajaran isa almasih dunia akan terasa di surga

      saya yakin jika umat ibrahim/abraham/brahma hindu - budha - yahudi dll semua mengikuti ajaran dan nilai nilai kebenaran yg di tutur tinularkan oleh para pendahulu kita

      jagad ini akan berubah menjadi surga, tidak ada permusuhan, tidak ada kemunafikan, tidak ada kepicikan saling serang adu ilmu saling mengklim paling benar

      ing ngarso sung tulodo ing madyo mangun karso tutwuri handayani guyub rukun gemah ripah lohji nawi BALDATUN TOYYIBATUN WAROBBUN GHOFUUUR

      Atlantis itu akan muncuk kembali

      salam damai dalam pencerahan saudara saudaraku

      Delete
    3. saya setuju dengan argumen diatas :)

      Delete
  30. makin pinter makin ke blinger,,,tinggal merujuk kpda al-qur'an aja ko repot..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmg gak perlu repot, tapi bagaimana bila alquran bilang bhw "matahari tenggelam dlm laut berlumpur hitam seperti yg diterangkan dlm salah satu artikel di sini?"

      Delete
  31. KENAPA TDK ADA SATUPUN MUSLIM YG BERANI BERKOMENTAR DLM ARTIKEL YG BERJUDUL : ISLAM YANG RAHMATAN LIL ALAMIN?

    Ini penggalan artikel tsb :


    Saya kebetulan menonton sebuah tayangan langsung acara diskusi ILC yang diselenggarakan sebuah TV swasta pada selasa malam tanggal 17 september 2013 yang dipandu bang Karni dengan tema, ”kini polisi menjadi sasaran teror”. Walaupun sebenarnya saya sudah tahu dari dahulu perihal sisi lain ajaran Islam, namun saya tetap saja terkesiap dan begitu miris ketika mendengar penuturan akan “sisi lain ajaran islam yang istimewa” tersebut ketika dituturkan langsung dengan begitu jernih dan gamblang tanpa tedeng aling-aling sebagai ciri khas para penganut islam kaffah yakni oleh ustadz Ali Imron mantan (teroris) bom Bali dengan ratusan korban jiwa beberapa tahun yang lalu, yang sudah tentu ilmu agamanya jauh lebih baik dari saya karena dia belajar langsung ke sumbernya, Afghanistan.

    Dalam tayangan tersebut dengan jelas saya lihat raut muka bapak AM Hendro Priyono memperlihatkan mimik seperti terbakar mukanya sambil geleng-geleng kepala dengan sesekali menarik napas panjang, sementara peserta lain yang berada dalam studio tersebut seolah tercekat dan termangu dengan ekspresi muka yang penuh kekhawatiran ketika Ali Imron diberikan waktu untuk berbicara...nampak sekali peserta diskusi begitu kaget dan terkejut dan seolah baru tersadarkan demi melihat sisi lain ajaran Islam yang begitu “membahayakan umat manusia” seperti yang dituturkan Ali Imron tersebut...

    Bila pembaca kebetulan tidak menonton acara tersebut, inilah ringkasan kalimat yang diucapkan oleh Sang Ustadz Ali Imron, “...jihad yang benar harus sesuai yang dilakukan nabi Muhamad dengan dua syarat yang tidak boleh ditinggalkan. Pertama harus ditanya dulu, apakah mereka mau masuk Islam? Kedua, bila tidak mau masuk Islam, apakah mereka mau tunduk dibawah hukum dhimmi? Bila kedua pertanyaan yang diajukan tersebut tidak ada respon maka mereka halal untuk dibunuh...”.

    Lebih lanjut Ali Imron menyatakan ; “...mujahidin menganggap semua penyelenggara negara mulai Presiden hingga ketua RT dibagi dalam dua kelompok ; bila mereka muslim berarti mereka thogut, dan yang non muslim adalah kafir sehingga kedua kelompok tersebut halal untuk dibunuh karena mereka tidak menjalankan hukum Islam di Indonesia...”.
    ....dst.........

    ReplyDelete
  32. ...yg jelas, sy tdk akan mengikuti seseorang yg mengaku-ngaku "nabi" dan menyatakan bhw : "matahari tenggelam dlm laut berlumpur hitam", serta mencatatkan kalimat tersebut dlm kitabnya/quran serta meminta semua pengikutnya utk mengamininya tanpa boleh mengkritiknya/mempertanyakan hal tsb...

    ReplyDelete
  33. ....sy memang telah memverivikasi dan menemukan Nubuat Almasih Isa yg tertulis dlm Injil demikian : "..dan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia telah berbuat bakti bagi Allah",(Injil Yoh 16:2).

    Dan ternyata Nubuat ini telah digenapi secara luar biasa oleh sosok Muhamad yakni seorang nabi muslim dari tanah arab seperti yg sy temukan dan tertulis dlm quran : "...aku jatuhkan terror ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala-kepala mereka dan pancunglah...mereka"(QS 8;12). Dan, “Bunuhlah mereka(kafirun) dimana saja kamu menemukan mereka...!”(QS 2:19)

    Ayat-ayat tsb diatas mmg ada dlm Injil maupun quran, sy hanya bisa geleng-geleng kepala.... bagaimana mungkin orang akan bisa masuk sorga dg cara membunuh dan menumpahkan darah orang lain....

    Bukankah setidak-tidaknya seseorang harus menghormati orang lain..? mengapa ajaran yg satu ini justru menganjurkan utk membunuh seseorang...?

    ReplyDelete
  34. ...bila seseorang halal dibunuh krn orang tsb dituduh "menghina" Alloh, dan pembunuhan tsb dihalalkan krn utk membela Alloh, berikutnya justru muncul satu pertanyaan yg menggelitik, "bukankah Alloh itu Maha Kuasa,Maha Kuat dst...spt yg mereka gembar-gemborkan..?

    Bila mmg Alloh mereka Maha Kuasa, Maha Kuat dst.. kenapa tersangka tdk diserahkan saja kpd Alloh...? Mengapa muslim sok lebih kuasa dan sok kuat dibanding Alloh-nya dg membunuh tersangka...?

    ReplyDelete
  35. ...yg sy tahu : bila muslim membunuh dan berbuat jahat lain spt ngebom dan dst, selalu mengatasnamakan Alloh dg meneriakkan Allohuakbar, dan semua perintah tertulis di quran.

    Namun hal berkebalikan tdk terjadi pd umat kristiani, jika mereka berbuat jahat pasti sembunyi-sembunyi dan tdk pernah mengatasnamakan Tuhan/Yesus/Almasih Isa krn kejahatan tdk diajarkan oleh Almasih Isa..

    ReplyDelete
  36. "...aku jatuhkan terror ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala-kepala mereka dan pancunglah...mereka"(QS 8;12). Dan, “Bunuhlah mereka(kafirun) dimana saja kamu menemukan mereka...!”(QS 2:19)

    ...sayang sekali dunia sdh berubah shg ayat ini untuk sementara kami tentang dulu bahkan para ulama kami juga tdk mengakui ayat ini. Bahkan Kafilah baru kami Baghdadi(Islamic State) telah menjadi bulan-bulanan Amerika hanya karena melaksanakan ayat ini......

    ReplyDelete
  37. Mungkin anda semua boleh menghina Islam , namun Islam akan menghina kalian Nanti, semua darah akan berkumbul seperti bendungan seperti Perang mahabrata atau batayuda. Mungkin semua disini tidak mengetahui bahwa Tuhan para Kristiani dan tri Dewa Hind = Bapak / Brahma, Siwa / roh kudus , Isa / Krisna. Sya tidak bisa menjelaskan lebih banyak lagi namun ingatlah Bahwa yang anda anut itu Pasti Salah. dengan Keajaiban yang tak terlihat Islamic State dengan kekuatan personil lemah dan teknologi yang memprihatinkan dapat bersaing dengan Koalisi War on terorist yang Personilnya banyak dan Teknologinya maju bahkan Islamic state dapat lebih maju dibanding Koalisi beberapa Negara kafir tersebut . Di nigeria , Boko haram mulai mendirikan negara islam dan anehnya sejak itu para tentara amerika pun malah masuk islam ketika mereka mendengar Kalimat ALLAH HU AKBAR di penjara tawanan , tawanan dari Kelompok jihad tersebut menjelaskan Islam dan Kalimat takbir tersebut dengan panjang tidak lebih dari 5 menit bahkan 3 menit sudah ada 156 orang yang masuk Islam, akhir - akhir ini apa yang dikatakan Junjungan alam , Rasul pilihan , Pemuda idaman di agama islam terseebut mulai benar , sayangnya yang satu ini Para Zionis lupa untuk mengambil Hak Cipta Rasul tersebut. Mereka lupa akan memasukannya kedalam Talmud dan mengatas namakan Zionis. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah , ingatlah . Anda dalam pengaruh ajaran fir aun yang katanya tuhan ada tiga , Mungkin bila anda kaum Hindu coba lihat ciri -ciri kalki altar di kitab Purana dan samakan dengan ciri - ciri Rahmatull alam ( Muhammad SAW ) . bisakah anda menjelaskan . coba anda cari diSolomon dalam bahasa ibrani , dalam satu ayat tersebut terdapat kata Um yang berarti Yang terpuji atau together Forever ( berbahagia bersama ) ,,,, karena injil yang menyebarkan adalah bangsa barat yang berbahasa inggris maka di indonesia Berarti berbahagia bersama , Makanya klo punya kitab tuh satu bahasa. selain itu anda juga bisa mencari sendiri Makkah pusat bumi, Muhammad diramalkan Di kitab agama budha , hindu, Zeoroaster, dan lain - lain. dua pesan daru Ir. Ageng Sowandaru yaitu tolong segeralah masuk islam jika anda tak bisa menjelaskan pemikiran saya dan tolong jangan Hapus komentara ini

    ReplyDelete
  38. ADAKAH MUSLIM ATAW ORG YG NGAKU PALING MUSLIM YG DPT MENJELASKAN AYAT DI BWH INI...?

    QS 6;38,

    [Alloh berfirman ; “Tidaklah Kami meninggalkan sesuatupun didalam al-Quran!!”]

    ReplyDelete
  39. QS 6:9

    Tidak satupun yg kami tinggal satu apapun dlm Alkitab(Qur'an).

    Jadi Tuhan tdk meninggalkan satu bab pun yg tdk dijlskn dalam qur'an, artinya semua hal tdk luput dterangkn dlm alquran.

    Otak pintar,atau yg sok pintar mnyalahkan Qur'an?

    ReplyDelete
  40. singkat saja mau anda murtad hak anda,agama yg nyembah patung,matahari,kayu,dll itu adalah budaya, seperti budha itu diciptakan supaya orang berbudaya di dunia ini. banyak orang islam betul tp mereka ga tau persis makna alquran,apalagi non muslim yg mempelajari alquran jelas mereka ga tau karena mata dibutakan hati tertutup.mempelajari alquran hanya mencari kelemahannya saja,ya di niatnya saja sdh salah. kita liat saja para ilmuan berbondong2 masuk islam karena terbukti logis dan memang ayat dari tuhan lo. agama wadi liat lama lama berkurang karena bosan dengan budaya saja mereka mau siapa yg bertanggung jawab kelak kalo sudah mati. soal borobudur,milik siapa ya milik tuhanlah,kalo milik salah satu agama ya salah jg. hindu budha masuk indonesia sejak kapan toh dari india sedangkan di india candinya ya manna.budha sama hindu tinggal melanjutkan saja pembangunan borobudur karena islam belum masuk indon, ya borobudur dibangun sama saylendra patokan sejarahnya mana yg benar jelas kita berdasarkan kitab suci. dan bagi non muslim belajar dulu islam dengan hati bersih apa itu islam, begini mas islam itu banyak arti lo pertama tauhid meyembah hanya satu tuhan, kan sebelum rasul muhammad lahir kan banyak yang menyembah satu tuhan,bahkan sebelum budaya hindu buda banyak yg menyembah satu tuhan ya itu islam namanya. karena selanjutnya nabi nabi pembawa kitab yg lain jg islam dong nah banyaknya yg mengingkari beralih kepada banyak tuhan maka di utus satu orang rasul muhammad biar kembali ke tauhid. anehkan anda ya makanya belajar agama cari kitab yg asli yg tauhid. tu liat adam dan hawa jg islam karena dia menyembah satu tuhan hayo sebelum agama yg anda bilang tua tadi, ha ha ha

    ReplyDelete
  41. kapan borobudur di dirikan???? siapa pembuatnya????? adakah mahluk UFO????? benarkah manusia berasal dari monyet???? mohon d jwb sama SANG TIMUR !!!!!!!

    ReplyDelete
  42. pasti jwbnnya bla.. bla... bla.... yakinkah anda 100%??? pasti kita semua setuju BISA BENER BISA SALAH !!!!! yakinkah anda artikel yang anda buat ini bener????? oke itu tdk penting,.... sy sbgai muslim tdk mengakui candi borobudur sbgai warisan agama kami krn kalaupun candi borobudur itu dibuat oleh nabi sulaeman ,perlu anda ketahui bahwa nabi sulaeman itu bukan umatnya nabi MUHAMMAD !!! ka'bah,borobudur,iro mi'raj,hindu budha, yahudi,nasrani, semua artikel yang anda bua tberdasarkan penyelidikan para pakar ahli di bidangnya , yakinkah semua itu benar?????? wahai manusia tahukah kamu bahwa kemampuan mu hnya setetes air dilautan.....

    ReplyDelete
  43. SANG TIMUR
    NURBUAT ALMASIH "...DAN AKAN DATANG SAATNYA BAHWA SETIAP ORANG YANG AKAN MEMBUNUH KAMU AKAN MENYANGKA BAHWA IA TELAH BERBUAT BAKTI BAGI ALLAH"( INJIL YOH 16;2)

    " AKU JATUHKAN TERROR KEDALAM HATI ORANG2 KAPIR,MAKA PENGGALAH KEPALA2 MEREKA DAN PANCUNGLAH MEREKA" (QS 8;12) DAN " BUNUHLAH MEREKA(KAPIRUN ) DIMANA SAJA KAMU MENEMUKAN MEREKA...." (QS 2;19)

    itulah mukadimah artikel ini....menurut SANG PAJAR nurbuat ALMASIH itu adalah ditujukan kpd orang muslim tp apa iya untuk orang muslim nurbuat itu.....??????????????? dan nurbuat itu telah di genapi oleh MUHAMMAD menurut SANG PAJAR bahwa bunuhlah orang2 kapir yang menurut saya sang pajar memposisikan dirinya sbgai KAPIR.... sedangkan kami kaum muslim tdk menganggap kaum nabi isa itu sbg kapir jadi kl mau kita merenung dngn artikel ini betapa meruginya sang pajar yng menganggap kaumnya kapir dan yang lebih parah lagi.... inilah yang di sebut DAZAL..... kita semua tau bahwa artikel ini adalah hanya untuk memuaskan napsu setan sang timur dan dng beraninya membawa2 nurbuat dari 2 orang pilihan sang pencipta..... SEGERALAH BERTOBAT PD TUHAN NABI ISA,NABI MUHAMMAD TUHAN SEMESTA ALAM ,AMIN.... DAN JANGANLAH BERBANGGA2 DNGN ARTIKEL INI YAKINILAH ............

    ReplyDelete
  44. kalo baca qur'an jangan di potong potong

    ReplyDelete
  45. kalo mau kebenaran mati saja. biar tau sendiri dan bertanya langsung pada baginda rasul muhammad SWA dan baginda rasul isa AS.

    ReplyDelete
  46. Abang2...kakak2...saudara se Adam...se Hawa...kalau kita hidup ,hanya meributkan perbedaan..maka kedamaian akan jadi hal yg mustahil..jgn kan soal agama dan keyakinan yg tentu pasti berbeda...di dlm rumah tangga aja kecil kita masing2 aja..antara adek dgn kakak, ayah dgn ibu, pasti selalu berbeda dlm memandang suatu masalah.itu kalau yg kita cari perbedaa, mending kita cari persamaan untuk menuju bangsa yg besar, agar kita semua makmur..oi..sadar oi..kita sama2 manusia, sama sama pakai baju, sama2 suka nonton , sama2 makan, sama2 minum air,,lebih banyak sama nya dari pada bedanya..oi..sadar oi...Kita sedang diadu domba setan....katna kita bangsa yg besar.

    ReplyDelete
  47. Insya alloh ... saya siap berjihad di medan perang .. alloh huakbar alloh huakbar

    ReplyDelete
  48. Agama di dunia termasuk produk pemikiran yang lahir dari pemikiran pendirinya dan tidak bisa lepas dari kerangka ruang dan waktu. Ruang erat kaitannya dengan kondisi sosial, ekonomi, budaya dan alam dan Waktu erat kaitannya dengan tren, pola pikir dan kemajuan peradaban kala agama tersebut lahir.

    Islam yang menjadi sorotan dalam artikel ini, tidak lepas dari sejarah nabi Muhammad. Dimana ada 2 fase besar dalam hidup beliau. Yang pertama fase Mekkah, saat beliau masih tinggal di Mekkah dalam kondisi lemah dan tertindas. Ajaran yang dihasilkan adalah kasih, toleransi, kerendah hatian dan kesederhanaan. Dan fase kedua yaitu Madinah, dimana posisi beliau sebagai pemimpin umat yang harus melindungi umatnya. Tidak heran banyak ayatnya bersifat praktis, tegas dan keras, karena tujuannya untuk menjamin kelangsungan hidup umat yang dipimpinnya. Cara yg beliau ajarkan di Madinah sedikit banyak akan terasa aneh dan kejam bila dinilai dari sudut pandang kekinian. Tapi jika diterapkan pada abad ke 6 M, cara masih dibilang suatu kewajaran sehingga sistem yg beliau bangun bisa bertahan.

    Kini setidaknya umat Islam bisa memilah dan memilih, ajaran Islam fase Mekah yang penuh kasih dan toleransi atau fase Madinah yg keras dan intoleransi. Meskipun akan janggal karena ajaran itu lahir dari sumber yang sama.

    Wallahu alam

    ReplyDelete
  49. To cahaya timur : cepat atau lambat anda akan mendapatkan kebenaran yg anda cari.agama manakah yg benar?anda akan mengetahui itu semua setelah ruh anda terlepas dari jasad,saat orang2 yg anda cintai menangisi jasad anda & saat jasad anda sudah terkubur di liang yg tak lebih besar dari ruang tidur anda sewaktu hidup.cepat atau lambat anda akan mendapatkan pembuktiannya!

    ReplyDelete
  50. Ati-ati, nanti lama-lama WC-mu juga diklaim peninggalan pak Suleiman....

    ReplyDelete
  51. Penulis Bodoh, dungu..., asal bunyi. Kamu cocoknya jadi penulis skenario doraemon

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. KABAH di bikin oleh umat hindu atas perintah maharaja VIKRA MADITYA sekitar 500 tahun sebelum nabi MUHAMMAD lahir.... yang menjadi pertanyaan DIBANGUN apa DIALIH PUNGSIKAN ???????? sebelum dialih pungsikan oleh maharaja VIKRA , ka'bah itu sptinya sudah ada, ka'bah itu sdh ada sejak jaman nabi IBRAHIM / ABRAHAM ribuan tahun sebelum maharaja VIKRA lahir..... JANGAN JANGAN CANDI BOROBUDUR JUGA DI ALIH PUNGSIKAN !!!!!!!!!! oleh maharaja SANG TIMUR....

    ReplyDelete
  54. Alhamdullilah subahanallah ... semoga dengan perang debat mencari sebuah kebenaran mendapat hidayah allah SWT. semakin kita membuka ruang komunikasi akan mendatangkan hikmah karena perbedaan adalah rahrat dan semakin anda jauh untuk mencari cari kekurangan islam tentu anda juga akan menemukan kebenaran sejati yaitu kebenaran dari Allah SWT bukan kebenaran dari akal pikiran semata yg sering termotifasi oleh amarah kebencian dan ketersinggungan, namun jika media ini hanya menjadi tempat untuk saling hujat apa yg akan kita dapatkan selain saling menanam kebencian ingatlah saudaraku islam itu kafah artinya jika ingin tahu islam maka masuklah secara keseluruhan jangan sepotong potong itu menunjukkan apa yg saudara sampaikan terlihat sebuah kebencian dan mencari cari kejelekan semata dan ingat apa yg sudah kita sampaikan kelak akan di mintai pertanggung jawaban di hadapan ILLahi...

    ReplyDelete
  55. Om lokha samesta sukhino bhawantu,,,,,
    Semoga semua mahluk hidup berbahagia,...

    Om asatho ma sad gamaya
    Tamasyo ma jyothir gamaya
    Mrtyor ma amertham gamaya iti,...
    Ya tuhan, tuntunlah kami dari kebodohan menuju pada kebenaran ilmu pengetahuan
    Ya tuhan, tuntunlah kami dari kegelapan menuju pada sinar terang diatas kami
    Ya tuhan, tuntunlah kami dari lingkaran hidup mati menuju pada moksa,..
    Om namaste,,,, shanti

    ReplyDelete
  56. Om lokha samesta sukhino bhawantu,,,,,
    Semoga semua mahluk hidup berbahagia,...

    Om asatho ma sad gamaya
    Tamasyo ma jyothir gamaya
    Mrtyor ma amertham gamaya iti,...
    Ya tuhan, tuntunlah kami dari kebodohan menuju pada kebenaran ilmu pengetahuan
    Ya tuhan, tuntunlah kami dari kegelapan menuju pada sinar terang diatas kami
    Ya tuhan, tuntunlah kami dari lingkaran hidup mati menuju pada moksa,..
    Om namaste,,,, shanti

    ReplyDelete
  57. Artikel ini keliatan banget ngarangnya... menaut-nautkan sejarah seolah-olah benar... Tapi keliatan asal. Ga mutu.

    ReplyDelete
  58. Perlu diketahui: Para Orientalis itu biasa membuat terjemahan al Quran dengan kata-kata sendiri, bukan yang sebenarnya. Itu kan gampang. Kita bisa buat kata-kata sendiri dalam menerjemahkan injil, taurat atau apapun. Mereka takut kalau mempelajari dan meneliti al Quran akan menemukan kebenaran yang hakiki. Tengoklah kebangkitan islam di eropa dan amerika.....

    ReplyDelete
  59. Kepada, YTH
    Pak Lurah / Pak Desa / Pak Dusun / Pak RW / Pak RW
    di Tempat.

    Dengan Hormat,
    yang bertanda tangan dibawah ini :
    Nama : Sang Timur
    Alamat : http://sangtimur.blogspot.co.id/2013/03/kaabah-borobudur-isra-miraj-arah-kiblat.html
    Bersama ini kami sampaikan ke-galauan- sebagai berikut :
    1. dulu saya lahir islam.
    2. KTP, Ijazah, Sim, dll saya "Islam"
    3. sekarang saya tidak lagi "Islam"
    4. besok, lusa, dst, saya bukan lagi "Islam"
    Dengan ini mengajukan tanda "?" dalam KTP, dsb sampai saya benar2 tidak galau lagi.
    demikian pemberitahuan ini disampaikan agar menjadi maklum.
    makasih..

    ReplyDelete
  60. to Sang Timur :
    salam bhineka tunggal ika,

    dulu anda diwariskan agama oleh orang tua anda, sekarang anda telah memilih. agama manapun menyukai kedamaian dan kebersamaan, serta membenci perbedaan. alangkah lebih baik anda tidak menyudutkan satu agama. anda boleh mencintai pilihan anda, namun kita merah putih bro. masukan gw :
    1. kalo anda telah memilih karena oknum islam yang keras, maka sudut pandang anda yg salah.
    2. kalo anda telah memilih karena pasangan anda, maka jagalah keyakinan anda sama halnya menjaga pasangan anda.
    3. kalau anda telah memilih karena memperoleh pekerjaan, maka kerjakan semua perintah sesuai dengan agama yg anda pilih dengan cara yang lebih bijak.
    4. kalau anda telah memilih karena memperoleh pencerahan, maka cerahkanlah seperti matahari yang tanpa pamrih.

    kalo anda masih berfikir seperti ini, niscaya suatu saat anda akan mendustai agama yg anda anda pilih sekarang ini.
    keyakinan adalah pilihan bro.
    qt tak perlu saling menjatuhkan keyakinan kita masing2 apa lagi sampai membenci.
    saya muslim, jujur tulisan anda seperti lalat yang hinggap di hidung saya. kalau seperti ini indonesia jadi merah dan putih, tidak ada lagi merah putih bro.
    silahkan anda renungkan "SILAHKAN BERKOMENTAR YANG SOPAN, SEMUAH ....... YANG TIDAK SOPAN AKAN DIHAPUS_SANG TIMUR".

    anda harus lebih menghargai perbedaan, apa lagi sang mantan yang telah anda ceraikan.

    by. Luke Narratungga

    ReplyDelete
  61. Yg bikin artikel org goblok , saya sbg muslim merasa terhina karena menghina nabi muhammad SAW , jelas jelas islam menjadi agama berbaik , islam mengatur semua kehidupan manusia dlam alquran dan hadist , sampai sampai mau ke wc pun di atur dalam islam , islam agama paling sempurna di banding yang lain telah bnyk bukti bukti kekuasaan allah melalui beberapa hal , contoh , tulisan allah swt , di awan , binatang , dan sebagai nya sementara , tuhan tuhan yg lain emang ada ? KASIH BUKTI NYA! Dan coba kalian buka terutama yg membuat artikel ini! Bahwa kakbah adalah poros dunia atau pusat dunia , itu sdh terbukti , adalagi astronot di luar angkasa melihaat tulisan allah dari luar angkasa , emang tuhan kamu ada yg begitu? Blom pernah dengar , itulah kekuasaan Allah SWT

    ReplyDelete
  62. jejak kaki muhammad?????? itu baca dari mana???? yang benar jejak kaki "ibrahim = dewa brahma (klaim hindu)" tulis artikel hati2 jangan salah tulis

    ReplyDelete
  63. Bila kini banyak orang Indon yang mungkin tertawa geli, dan geleng-geleng kepala bila mendengar klaim Lembaga Studi Islam bahwa candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman?????
    YANG DI PINDAHKAN = MILIK RATU BOKO = BUKAN MILIK NABI SULAIMAN !!!! NI YANG NULIS SENGAJA ATO MATANYA EMANG PICEK ATO KATARAK BACA SEPOTONG SEPOTONG NULIS SEPOTONG2 ADA YANG DILEBIHKAN ADA YANG DI GANTI ADA YANG SEPOTON!!!!! baca lagi secara cermat jangan pake emosi dunia ini berasal dari satu budaya ... budaya nabi adam .... kalo mau sejarah budaya secara utuh tidak bisa anda dapatkan hanya mengkaji satu wilayah saja .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya maklum saja dengan ilmu cocoklogi. Ilmu cocoklogi biasanya diciptakan oleh pelawak agar bahan tertawaan makin bertambah banyak.

      Delete
  64. Sejarah yg paling hebat dan tepat hanya dalam al'quran.
    Karena al'quran adalah murni petunjuk jalan dan hukum sejati yg di turunkan sang maha pencipta alam semesta allah.swt
    Saya selaku umat islam bersaksi
    Tiada tuhan yg patut d sembah selain allah.swt dan nabi muhamad utusan allah.swt
    Tiada kitab dan buku yg lebis sempurna dari al'quran
    Tiada mahluk yg lebih sempurna dari nabi muhamad.saw
    Koreksi diri itu lebih baik. Sesungguhnya orang yg baik adalah orang yg mampu mengoreksi diri sendiri bukan menghujat keyakinan orang lain.
    Yg perlu di pikirkan apakah kita telah benar atau hanya membenarkan kesalahan sendiri?
    Bukan menganggap orang lain tak berilmu dan berakal!
    Yg perlu d telaah adalah apakah kita telah berilmu?
    Sejatinya manusia yg menganggap dirinya pintar adalah bodoh.
    Dan manusia yg pintar dan pandai adalah manusia yg tak pernah merasa puas untuk belajar.

    Katakan lah kebaikan dg kebenaran
    Bukan menghujat dengan kebodohan.

    ReplyDelete
  65. Akal dan logika...makhluk yang diciptakan Allah untuk memahami semua perumpamaan-perumpamaan didunia ini agar kita bisa mengenal Allah.

    Perumpamaan.......artinya Allah sendiri yang hadir dalam diri Para Nabi dan Ulama Pewaris Nabi yang beserta Allah tidak selalu bisa dipahami dengan akal dan logika.

    Apapun klaim suatu agama.....Tuhan tetap Satu
    Apapun nama Tuhannya menurut bahasa kaum diwaktu itu Tetap Tuhan hanya Satu

    Mari kita pandang Tuhannya kerena dari masa kemasa Tuahn selalu hadir dalam kehidupan semua kaum didunia ini dengan nama yang berbeda karena bahasa yang berbeda.

    ReplyDelete
  66. Wahai sang timur, Kajilah dulu AGAMAMU, sebelum kamu berani mengkaji agama ISLAM. Injilmu baru ditulis setelah 200 tahun ditinggalkan sang Almasih. Kemana aja injil sebelum 200 tahun itu? Pengetahuanmu hanya KATANYA, merasa sudah lebih pintar. Tidak malu dengan KITABMU? yang katanya kitab suci tapi isinya banyak yang porno. Kalau kamu punya anak perempuan ABG, mau gak kamu bacain kitab pornomu itu ke anakmu? NGACA DULU sebelum merasa benar. Orang jawa bilang ORA ISO NGILO GITHOKE pancen pas kanggo kowe kuwi. Setiap usaha Pemutarbalikan setiap kebenaran dalam ALQURAN tidak akan pernah berhasil. Itu adalah janji yang telah ditetapkan oleh Tuhan kami umat Islam Allah swt. Usahamu pasti SIA-SIA.

    ReplyDelete
  67. Si Jhon baru banguni kayaknya?? Siapa bilang Injil di tulis 200 th stelah Isa Al-Masih, Injil ada bagian perjanjian lamanya, ditulis sejak bangsa Israel belum menjadi bangsa, gak percaya?? Tanya orang Israel sana... itulah kenapa Islam mau menumpas orang Israel, karena Alkitab warisan Tuhan yg ada dalam dirinya Orang Israel dari se dari awalnya

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. maaf jika boleh saya bertanya, dari mana anda bisa mengklaim bahwa nabi ibrahim hidup 2000 tahun sebelum lahirnya nabi isa almasih?
    Sedangkan dalam Al Quran sudah ditulis jelas,
    dalam surat ali imran, Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk".

    silahkan pelajari terlebih dahulu sebelum membuat sebuah post, dalam alquran ditulis dengan jelas bahwa Maryam adalah Anak dari Imron yang dipelihara Zakariya, begitu juga dalam injil. disebut miryam, nah, jika maryam adalah anak Imron, berarti Isa adalah cucu dari Imron, juga adalah keponakan dari Musa, artinya maryam bin imron bin levi bin khohath, bin yakub, bin ishaq, bin ibrahim.... jaraknya hanya 5 genersi saja, dari mana anda bisa menyimpulkan bahwa selisih zaman antara nabi isa dan ibrahim adalah 2000 tahun...??? mohon dikoreksi kembali.

    ReplyDelete
  70. Alquran berlaku sepanjang masa tidak sama dengan kitab lain yang isinya sudah berubah berubah mengikuti zaman.. Perjanjian lama-perjanjian baru.. Noted

    ReplyDelete
  71. Terlalu bodoh untuk mengarang cerita seperti yg di atas..
    Sejarah Islam sudah jelas.. klo pun ada sejarah yg tidak benar maka beritanya akan cepat tersebar.. Allah menjaga Wahyu nya supaya tidak tercoreng dan di ganti seperti macam kalian..
    Kalian orang nonmuslim yg bisanya menjelekkan kita padahal kita orang Islam hanya ingin memberitahu kebenaran dari ilahi.. semoga Allah memberikan hidayah nya kepadamu anak muda.. hati yg busuk akan selalu membuat di sekitarnya busuk jga..

    ReplyDelete
  72. Pemirsa Agama tertua di dunia itu Hindu. Tolong dijawab ane mau nanya, agama apa yang hobby perang, hobby demo? Terima kasih.

    ReplyDelete
  73. Menciptakan kebodohan agar dianggap bodoh... umat budha yang aneh. Meski awalnya ngaku islam tapi sayang gampang ketahuan belangnya. Sayangnya tipikal seperti ini juga sudah disebut dalam quran... selamat bertipu daya min.....

    ReplyDelete
  74. Ka'bah dibangun oleh malaikat, utk mengingatkan umat menyembah pd Tuhan (monotheisme) caranya nyembah ya ga tau pasti bermacam2, tiap Nabi berbeda2. Ibrahim dan anak2 hanya memperbaiki Ka'bah. Ibrahim adalah Islam (penyembah Allah), Islam sudah ada dan menjadi agama sejak Nabi adam, tetapi dr semua nabi dan rasul, kitab Islam yg disempurnakan Allah hanya Al Quran, dsitu baru ada perintah sholat. Jadi dulu biarpun Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Isa, dll ga pernah sholat, mendirikan patung dg jin, tetap beliau adalh muslim krn menganut Agama Islam yg menyembah 1 Allah. Yg menerangkan nabi2 sblm Nabi Muhammad sudah beragama islam ada di Al Quran. Candi2, piramid, istana dll hanya bentuk kejayaan bukan utk disembah. Termasuk kejayaan Nabi Sulaiman dg gedung tinggi dan patung2. Krn pintarnya manusia bahkan jin dan iblis pun takut kalo manusia yg memimpin di bumi, ajaran Ibrahim di modif jd Brahma, Isa jd yesus demi utk kejayaan raja2 dahulu, supaya dpt menikmati kemewahan tidak dibunuh dan di salib oleh Raja nya. Karena ajaran Nabi dan Rasul tersebut selalu bertentangan dg Raja. Sifatnya ajarannya saklek harus dipatuhi dr golongan atas sampai bawah, tdk membeda bedakan golongan manusia.

    ReplyDelete
  75. Wahai org Islam, hindu, budha, kristen.
    Sy setuju dan merasa bahwa borobudur adalah Solomon Tample,
    Istana untuk menyambut ratu Balqis. Gedung Megah diatas Air. Semoga suatu hari borobudur terbukti saat zaman Nabi Sualiman Gedung semegah itu terletak diatas air.
    Bukan berarti milik islam, kristen, hindu, budha. Tapi itu adalah peninggalan Nabi Sulaiman.
    Raja Yang Sakti,kaya Raya Bahkan terkaya sepanjang masa.
    pemimpin Manusia dan Jin pada zamanNya.
    Dan semoga kekayaan Nabi Sulaiman ada Di Indonesia,Biar bisa bayar Utang.

    ReplyDelete
  76. Saya mengajak admin untuk debat publik.... Jika admin merasa bahwa yang disampaikan itu adalah kebenaran maka tidak ada alasan untuk menolak.... Dan video hasil debat tersebut bisa kita share sama2 khususnya di blog ini.... Agar tidak. Ada debat2 lewat komentar yang hanya menghasilkan kebencian...... Tapi kalau anda menolak, maaf saya menilai anda orang bodoh yang hanya ingin mejadi provokator...

    ReplyDelete
  77. Saudaraku yang saya cintai
    melihat tulisan tulisan ini saya hanya bisa berdoa semoga yang menulis tulisan baik positif maupun negativ mendapat petunjuk dari yang maha benar, sehingga pikiranya nglantur nggak karu karuan, hal ini akan menambah otak tambah kotor tapi memberikesan paling benar dan bersih hai ini akan merugikan kita semua

    ReplyDelete

SILAHKAN BERKOMENTAR YANG SOPAN, SEMUA KOMENTAR YANG TIDAK SOPAN AKAN DIHAPUS_SANG TIMUR